Wednesday, October 29, 2014

BAB 6 : Jaringan Sosial, Perdagangan Mobile, dan Pelelangan Online

Dari Komunitas Virtual ke Jaringan Sosial 
Komunitas web online. Tidak dibatasi oleh batas wilayah, individu dan perusahaan dengan kepentingan umum (mereka bertemu dan membahas masalah secara online, membagi informasi, menghasilkan ide-ide, dan mengembangkan hubungan yang berharga. 

Perusahaan menghasilkan uang dengan memberikan pelayanan sebagai fasilitator hubungan. Mengkombinasikan transaksi internet yang berpotensi mengurangi biaya dengan sebuah peran fasilitator komunikasi.

Komunitas Virtual 
Komunitasi virtual (komunitasi web, komunitas online). Mengumpulkan tempat untuk orang-orang dan bisnis-bisnis (tanpa keberadaan fisik). 

Komunitas virtual awal, diantaranya sistem papan buletin (BBSs), dimana sumber pendapatannya berasal dari biaya bulanan dan iklan penjualan. Usenet newsgroups yaitu area posting pesan pada usenets. 

Bentuk komunitas virtual saat ini, yaitu: ruang obrolan web, situs yang dikhususkan untuk topik atau pertukaran informasi tertentu, foto, video, orang-orang terhubung dan membahas masalah dan kepentingan umum, interaksi sosial yang luas, kegiatan pembentuk hubungan yang persis dengan komunitas fisik.

Komunitas Web Awal
  • Tahun 1985 : WELL ("Whole Earth Electronic Link"), biaya bulanan untuk berpartisipasi dalam forum dan konferensi.
  • Tahun 1999 dibeli oleh Salon.com
  • Tahun 1995 : Situs komunitas virtual Beverly Hills Internet, menawarkan webcam, ruang situs web gratis, kemudian tumbuh menjadi GeoCities, dimana sumber pendapatan berasal dari iklan, halaman pop-up, tahun 1999 : dibeli oleh Yahoo! ($5 miliar), ditutup tahun 2009.
  • Tahun 1995 : Komunitasi virtual Tripod. Menawarkan ruang halaman web, ruang obrolan, berita, update cuaca, halaman informasi kesehatan gratis. Sumber pendapatan berasal dari iklan yang dijual.
  • Tahun 1995 : Proyek kelas Theglobe.com Cornell University, termasuk papan buletin, ruang obrolan, area diskusi, iklan baris, menambahkan lebih banyak fitur, sumber pendapatan berasal dari iklan yang dijual.
  • Kebanyakan komunitasi bisnis web awal ditutup.

Jaringan Sosial di Gelombang Kedua Komunitas Online 
Seperti pertumbuhan Internet dan Web, pengalaman berbagi komunitasi online baru menghilang, fenomena baru dalam komunikasi online dimulai. Misalnya beberapa obligasi umum tergabung dari orang dengan semua kepentingan yang sama. Situs jaringan sosial mengizinkan individu untuk membuat dan menerbitkan sebuah profil, membuat sebuah daftar pengguna lain dengan siapa mereka berbagi koneksi, mengatur daftar tersebut, dan memantau daftar yang mirip yang dibuat pengguna lain. Contoh situs jaringan sosial antara lain: Six Degrees (1997), Friendster (2002), LinkedIn, Tribe.net, YouTube, MySpace, Twitter, dan sebagainya. 

Ide mendasar dibalik jaringan sosial adalah orang-orang mengajak untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada, situs menyediakan direktori. Web logs (Blog), situs yang memuat komentar perseorangan pada masalah yang spesifik, membentuk situs jaringan sosial, fokus blog saat ini pada topik teknologi. 

Tahun 2004 blog digunakan sebagai alat jaringan politik. Tahun 2008 semua kandidat utama menggunakan blog. Pengecer merangkul blog untuk menarik pengunjung situs. Perusahaan menggunakan CNN, dimana informasi blog termasuk dalam siaran warta berita televisi, koran, serta jurnalis yang partisipatif. Blog bisa menjadi bisnis dalam diri sendiri. Situs jaringan sosial untuk orang yang berbelanja. Jaringan pembelajaran virtual, platform pembelajaran jarak jauh untuk interaksi antara siswa dengan instruktur. Portal web, contohnya : Yahoo!, AOL, MSN.

Model Pendapatan untuk Situs Jaringan Sosial 
Tahun 1990an, pendapatan dihasilkan dari menjual jasa iklan. Tahun 1998, pembelian dan merger terjadi, situs baru masih menggunakan model iklan-hanya model generasi pendapatan, tujuannya menjadi pintu setiap peselancar web ke Web. Iklan yang didukung situs jaringan sosial adalah situs yang lebih kecil dengan daya tarik khusus, situs jaringan sosial, jumlah pengunjung yang tinggi. Pendapatan campuran dan biaya untuk layanan situs jaringan sosial. Biaya berdasarkan jaringan sosial. Situs kredit mikro. Komunitas virtual internal, menyediakan interaksi sosial antar karyawan perusahaan, berjalan pada intranet perusahaan, menghemat uang (mengurangi kertas), menyediakan akses mudah ke informasi karyawan, menambah konektivitas nirkabel, kombinasikan teknologi gelombang kedua dengan strategi bisnis pertama.

Perdagangan Mobile 
Layanan pesan singkat (SMS). Tahun 2008 : Amerika Serikat mengembangkan ponsel yang memungkinkan sebagai Web browser, kemampuan perdagangan mobile mulai pada tahun 2008. Perdagangan mobile Jepang dan Asia Tenggara. Pilihan tampilan browser perdagangan mobile, diantaranya WAP, halaman web normal pada perangkat, desain situs Web cocok untuk ponsel pintar (smartphone). Munculnya sistem operasi umum. Strategi pendapatan perusahaan tua ponsel mobile Amerika Serikat.

Masa Depan Perdagangan Mobile 
Perusahaan menginginkan pengguna perdagangan mobile, ponsel mobile untuk perbankan online, dokter menggunakan ponsel pintar, kemampuan fasilitas ponsel GPS.

Pelelangan Online 
Peluang bisnis sempurna untuk Web tersebut. Sumber pendapatan situs pelelangan. Pelelangan online memanfaatkan kekuatan internet.

Dasar-Dasar Pelelangan
Pelelangan adalah penawaran item penjual untuk dijual.
  • Tawaran : harga potensial yang akan dibayar pembeli.
  • Peserta lelang : pembeli potensial.
  • Penilaian swasta : jumlah pembeli yang akan membayar.
  • Juru lelang : mengelola proses pelelangan.
  • Tebakan peserta lelang : bekerja untuk penjual atau juru lelang.

Pelelangan Online dan Bisnis Terkait
  • Bisnis pelelangan online : cepat berubah.
  • Tiga kategori situs web lelang adalah pelelangan konsumen umum, konsumen istimewah, dan bisnis ke bisnis.

Layanan Pelelangan Terkait 
Pengusaha didorong oleh pertumbuhan eBay dan situs pelelangan lainnya. Menyediakan berbagai jenis layanan pelelangan terkait, misalnya layanan Escrow, layanan direktori dan informasi pelelangan, perangkat lunak pelelangan untuk penjual dan pembeli, jasa konsinyasi lelang, dan sebagainya.

Kesimpulan:
  • Perusahaan menggunakan Web untuk hal yang benar-benar baru seperti membuat jaringan sosial, menggunakan teknologi mobile untuk meningkatkan penjualan dan efisiensi operasional, mengoperasikan situs lelang, diselenggarakan oleh pihak yang terkait.
  • Perusahaan membuat komunitas online untuk berhubungan dengan para konsumen dan pemasok.
  • Perorangan yang menggunakan situs jaringan sosial adalah orang pribadi dan pihak terkait saling berinteraksi.
  • Muncul peluang perdagangan mobile.
  • Jasa konsinyasi lelang, kunci suksesnya adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh pelanggan, membuka toko sendiri atau toko berlisensi.
  • Perdagangan elektronik gelombang pertama, bisnis lelang online membuat peluang untuk lebih bahkan seluruhnya model bisnis baru.
  • Situs jaringan sosial internal perusahaan memfasilitasi karyawan untuk berkomunikasi.
  • Pelelangan online digunakan untuk menjual barang ke konsumen dan membeli dari pemasok.
  • Pelelangan terbalik B2B adalah metode baru dari penjualan serta pemasokan barang.

No comments:

Post a Comment