Wednesday, November 26, 2014

Penyelesaian Study Case Alibaba.com

Ringkasan Kasus:
1995, Jack Ma mengajar Bahasa Inggris di Hangzhou, Cina, dekat pusat perekonomian di Shanghai. Ma memulai Chinapage.com (bisnis online Cina pertama dan satu-satunya) dari $2000 yang didapat dari keluarga dan teman-temannya dengan pengalaman di Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi. Pergi setelah satu tahun memulai perusahaan miliknya karena kesal dengan lambatnya birokrasi pemerintah. Ia memasang iklan jasa penerjemah bahasa untuk perusahaan yang ingin berbisnis di Cina di internet. Dalam dua jam, terima enam email pertanyaan. Ma mengumpulkan informasi, menerjemahkan, dan mengorganisir informasi dari perusahaan manufaktur Cina yang ingin melakukan bisnis internasional, kemudian diposting di situs Web B2B yang diberi nama Alibaba.com.

Alibaba.com selalu berkonsentrasi pada bisnis skala kecil dan menengah (SMBs). Ma percaya bahwa peluang Alibaba.com terletak pada menghubungkan bisnis skala kecil-menengah di seluruh dunia dan skala kecil-menengah di Cina dengan alternatif yang terjangkau.

Perusahaan asing yang tertarik membeli dari pemasok Cina harus daftar pada Alibaba.com. Perusahaan Cina dikenakan biaya keanggotaan untuk menerjemahkan dan mendaftarkan informasi mereka. Situs tersebut juga mendaftar pemasok asing. Sebutan TrustPass memberikan jaminan kepada perusahaan Cina yang ingin membeli dari pemasok tersebut.

2001, lebih dari satu juta perusahaan telah didaftarkan Alibaba.com. 2003, perusahaan melaporkan keuntungan tahun pertamanya, dengan pendapatan bersih $12 juta. Sejak itu, perusahaan tumbuh terus dan terus menguntungkan. Banyak anggota terdaftar Alibaba.com senang dengan hasil yang mereka dapat, terindikasi dengan tingkat perpanjangan keanggotaan tahunan, yang melebihi 70 persen. Alibaba.com sempat mengalami kemunduran selama periode 2001 sampai 2002, tetapi model pendapatan berbasis biayanya memungkinkannya untuk pulih lebih cepat dari portal yang bergantung pada pendapatan iklan.

Pertanyaan:
  1. Alibaba.com adalah peserta awal dalam portal pasar B2B di Cina. Bagaimana mungkin telah menciptakan efek lock-in, terutama mengingat jenis usaha situs tersebut menarik.
    •  Efek lock-in adalah fenomena dimana teknologi tetap dominan sebagai akibat dari besarnya biaya yang tertanam dalam investasi, teknologi gratis, dan penggunaan yang luas. Karena alibaba.com adalah penggerak portal pasar pertama di Cina, akan sulit menciptakan portal pasar lain yang sesukses alibaba.com. Efek lock-in menyebabkan orang lebih suka  alibaba.com daripada portal pasar lain karena mereka telah menetapkan merek mereka. Beberapa pelanggan juga mengembangkan loyalitas, sementara yang lain lebih memilih merek yang sudah familiar bagi mereka. Dengan ini anggota terdaftar alibaba.com puas dengan hasil yang diperoleh, seperti yang ditunjukkan oleh tingkat perpanjangan keanggotaan tahunan yang melebihi 70%. Hal ini membuktikan bahwa akan sangat sulit bagi kedua penggerak atau portal pasar baru untuk bersaing dengan alibaba.com sejak mereka memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan mereka.
  2. Alibaba.com saat ini mengenakan biaya pada penjual asing sebuah biaya tahunan sekitar $400 untuk anggota TrustPass, tetapi perusahaan Cina membayar $8.000 atau lebih daftar tahunan mereka sebagai Gold Supplier Cina. Mengapa situs tersebut memiliki daftar biaya yang berbeda untuk kedua jenis anggota dan secara kritis mengevaluasi praktek ini.
    •  Alibaba.com mengenakan biaya pada penjual asing biaya tahunan sekitar $400 untuk anggota TrustPass karena ia melihat bahwa perusahaan global fokus dalam melakukan bisnis dengan perusahaan besar. Agar perusahaan global melakukan bisnis dengan perusahaan kecil dan menengah di Cina serta seluruh dunia, alibaba.com membuat kesepakatan dengan harga terjangkau untuk keanggotaan TrustPass sebesar $400 setiap tahunnya. Namun, perusahaan kecil dan menengah di Cina membayar $8.000 sebagai biaya keanggotaan tahunan mereka karena dengan menjadi anggota alibaba.com, perusahaan kecil dan menengah dapat menghemat sejumlah uang. Dengan menjadi anggota alibaba.com, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perjalanan maupun bertemu pemasok. Biaya ini juga dikenakan karena alibaba.com menerjemahkan dan melistkan informasi mereka. Dengan kata lain, Jack Ma mengenakan biaya yang lebih tinggi pada perusahaan kecil dan menengah karena perusahaan tersebut membutuhkan alibaba.com. Namun, alibaba.com membutuhkan perusahaan asing untuk bekerja dengan perusahaan kecil dan menengah yang ingin melakukan bisnis internasional.
  3. Alibaba.com saat ini fokus dalam menghubungkan bisnis skala kecil dan menengah dengan satu sama lain. Bahas peluang yang mungkin ada untuk Alibaba.com menjadi perantara dalam hubungan antara bisnis skala kecil dan menengah Cina dengan perusahaan besar dunia seperti General Electric dan Sears.
    •  General Electric dan Sears adalah perusahaan global besar yang paling lama, didirikan pada tahun 1892 dan 1886, saat ini karena pemasaran global, mereka ingin tersebar di seluruh dunia. Perusahaan tersebut mendapatkan sebagian besar bahan baku dari perusahaan industri kecil lainnya. Pasar Timur, seperti pasar Cina sangat padat dengan perusahaan kecil dan menengah dan mereka akan sangat bermanfaat bagi perusahaan raksasa ini. Namun, terdapat masalah dengan standard EDI yang perusahaan seperti General Electric dan Sears ikuti. Perusahaan kecil dan menengah Cina mungkin mengikuti standard EDI lain dan terdapat masalah bahasa juga yang akan dihadapi perusahaan raksasa Timur serta perusahaan kecil dan menengah di Cina.
    • Alibaba.com adalah peserta awal dan merupakan portal B2B di pasar Cina. Alibaba.com saat ini fokus menghubungkan sejumlah kecil perusahaan kecil dan menengah di Cina dengan perusahaan besar dunia. Alibaba.com dapat menyesuaikan perusahaannya dengan standard EDI yang perusahaan besar ikuti serta perusahaan kecil dan menengah di Cina juga. Alibaba.com dapat membantu perusahaan kecil dan menengah serta perusahaan besar untuk mendapatkan relasi yang bagus dengan mengubah dan menukar standard EDI diantara mereka serta dengan membantu perusahaan kecil dan menengah Cina untuk menerjemahkan dan melistkan informasi mereka. Oleh karena itu, perusahaan besar dapat melihat persediaan dan informasi perusahaan kecil dan menengah, begitupun sebaliknya. Dengan cara ini, alibaba.com dapat menjadi perantara dalam hubungan antara perusahaan kecil dan menengah Cina dengan perusahaan besar seperti General Electric dan Sears.
  4. Pada tahun 2003, Alibaba.com meluncurkan Taobao.com untuk bersaing dengan konsumen umum pasar lelang online melawan eBay di Cina. Setelah empat tahun dalam pertempuran intensif dan mahal, eBay benar-benar menarik diri dari Cina. Deskripsikan keuntungan yang mungkin Alibaba.com miliki lebih dari eBay di pasar baru, kemudian deskripsikan keuntungan yang mungkin eBay miliki lebih dari Alibaba.com. Pastikan untuk menyertakan diskusi tentang efek lock-in mana yang sesuai.
    • Keuntungan alibaba.com dibanding eBay:
      • Alibaba.com mengambil keuntungan dari jumlah layanan papan buletin komputer di Cina, dan memposting ribuan pesan yang mengenalkan Taobao ke pengguna internet.
      • Taobao diluncurkan dengan model tanpa biaya sehingga jumlah yang signifikan dari pengguna eBay di Cina berpindah ke Taobao karena layanan yang gratis.
      • Efek lock-in dibuat karena Alibaba.com adalah peserta awal dalam portal pasar B2B di pasar Cina, sehingga membantu alibaba.com memiliki keuntungan lebih dari eBay.com. "EBay mungkin menjadi hiu di lautan, tapi saya adalah buaya di sungai Yangtze. Jika kami melawan di lautan, kami kalah. Tapi, jika kami lawan di sungai, kami menang," kata Jack Ma pendiri alibaba.com.
      • Alibaba.com punya keunggulan dibanding eBay. Alibaba.com sudah terkenal di negara mereka. Biaya alibaba.com tidak dikenakan pada lelang online. Alibaba.com menawarkan daftar gratis, server lokal, dan fitur lebih bersifat lokal. Alibaba.com menggunakan strategi "Segmentasi Pasar". Mereka merupakan strategi yang bagus untuk pengembangan akuisisi yang besar dengan pemimpin lain dalam industri, seperti Yahoo! di Cina. Pasar e-commerce di Cina tumbuh dan Yahoo! menjadi perusahaan global yang mempengaruhi posisi alibaba.com untuk mengendalikan pasar Cina dengan persentase yang tinggi.
    • Keuntungan eBay dibanding alibaba.com:
      • EBay merupakan platform online dengan jutaan pengguna yang membeli dan menjual, eBay dikenal sebagai pemimpin global di layanan C2C internet. Reputasi global ini mungkin menjadi keuntungan dibandingkan alibaba.com.
      • Platform eBay Cina berubah secara signifikan dalam aturan pendaftaran kategori, gaya interface, dan teknologi.
      • EBay mendapat banyak keuntungan dari bisnis kecilnya, dan di Cina, terdapat begitu banyak bisnis kecil. EBay menyediakan sebuah platform dimana orang-orang dapat memulai bisnis mereka sendiri.
      • EBay punya beberapa keunggulan dibanding dengan alibaba.com juga, dimana eBay punya merek yang lebih baik. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah membangun merek yang kuat. Kekuatan internal eBay telah difokuskan pada peningkatan jumlah pengguna dan daftar produk yang cepat. Hal ini untuk melayani semua orang. EBay memiliki pasar yang lebih luas dan lebih besar serta client yang lebih baik dan lebih besar. Basis pelanggan yang kuat dan pasar yang bersaing serta memberikan eBay daya tawar yang besaing yang akan memiliki dampak positif pada bagian atas perusahaan. EBay punya lebih banyak pengalaman daripada alibaba.com, terutama ketika datang ke pasar lelang online mereka. 
  5. Pada tahun 2005, Yahoo! dibayar $1 miliar untuk 40 persen bunga di Alibaba.com. Yahoo! tertarik dengan perusahaan situs lelang Taobao.com karena Yahoo! belum sesukses itu yang mengembangkan situs lelang Cina sendiri. Bagaimanapun, Yahoo! juga tertarik menggunakan reputasi Alibaba.com yang kuat di Cina untuk membantu bersaing dengan Baidu.com, situs mesin pencari tertinggi di Cina. Deskripsikan reputasi Alibaba.com yang mana dapat membantu Yahoo! bersaing lebih efektif seperti mesin pencari dan portal Web di Cina.
    • Yahoo! adalah perusahaan umum Amerika yang menyediakan layanan internet seperti portal web dan sebagainya. Yahoo! lebih dikenal sebagai mesin pencari "Yahoo! Search". Jerry Yang, salah satu pendiri Yahoo! menginginkan Yahoo! berada di pasar Cina.
    • Yahoo! baru di pasar Cina, dan pasar Cina didominasi oleh baidu.com, mesin pencari tertinggi di Cina.
    • Yahoo! ingin membangun dirinya di pasar Cina dan bersaing dengan baidu.com.
    • Yahoo! gagal menjadi sebuah situs lelang yang sukses.
    • Alibaba.com membuat efek lock-in karena memiliki akar yang sangat kuat di pasar Cina dan Taobao.com sukses dalam persaingan pasar dengan eBay.
    • Pada tahun 2005 Yahoo! membayar $1 miliar untuk 40% saham dan membeli perusahaan Taobao.
    • Yahoo! dikelola Taobao dan mengekspor dirinya sebagai sebuah mesin pencari dan portal web serta menghasilkan pendapatan yang besar, karena kuatnya reputasi alibaba.com.
    • Dengan cara ini, yaitu Yahoo! dengan bantuan alibaba.com memperoleh reputasi dan membantunya bersaing lebih efektif sebagai sebuah mesin pencari dan portal web di Cina.

Kesimpulan:
Alibaba.com merupakan situs B2B yang fokus pada bisnis skala kecil dan menengah. Pendirinya bernama Jack Ma. TrustPass merupakan sebutan yang diberikan kepada pemasok sebagai jaminan para pembeli bahwa pemasok tersebut dapat dipercaya. Biaya keanggotaan yang dikenakan pada perusahaan kecil dan menengah di Cina jauh lebih tinggi daripada perusahaan besar karena perusahaan kecil dan menengah membutuhkan alibaba.com. Namun, alibaba.com membutuhkan perusahaan asing untuk bekerja dengan perusahaan kecil dan menengah yang ingin melakukan bisnis internasional.

1 comment:

  1. Terima Kasih,,,
    berkat blog ini tugas E-Commerce saya jd berhasil

    thx

    ReplyDelete